8 Rekomendasi Spot Prewedding Bertema Alam di Jogja

Setelah sebelumnya Bakpiaku memberikan rekomendasi tentang rekomendasi spot prewedding yang bertemakan bangunan sejarah, kini tema alam. Tentu saja, selera dan karakter setiap akan berbeda-beda. Tema alam memberikan banyak manfaat pula untuk membantu pikiran melepaskan emosinya.

Anda suka berpetualang? Tidak terlalu suka keramaian? Beberapa tempat seperti pantai atau gunung memang jadi andalan. Bagaimana di Jogja? Bakpiaku memilah tempat yang nyaman serta cantik untuk dijadikan latar belakang momen menuju acara sakral Anda.

Teras Kaca Pantai Nguluran

Foto di atas teras kaca pantai? Anda wajib ke sini! Teras Kaca Pantai Ngluluran (Lihat Lokasi) terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Di sini, Anda akan berfoto dengan latar belakang pantai di atas lantai kaca. Unik, cerah, dan kesan ceria dapat ditonjolkan di sini. Biasanya, konsep prewedding menggunakan tema pantai mulai dari dress bunga-bunga atau pakaian tema floral lainnya (Lihat video Youtube).

Buka setiap hari mulai jam 09.00-17.00 WIB untuk Senin-Jumat, dan 08.00-17.00 WIB di hari Sabtu Minggu. Biaya yang diberikan mulai dari Rp.300.000 hingga Rp.500.000 dengan akses bebas ke seluruh spot tanpa batas waktu. Tergolong murah kan? Fasilitas yang dimiliki juga lengkap mulai dari toilet, kamar mandi untuk ganti baju, musala, hingga wahana seperti ayunan sebagai spot tambahan.

Foto di Teras Kaca. Sumber : dokumentasi Teras Kaca

Pantai Ngobaran

Terletak di Gunungkidul, Pantai Ngobaran (Lihat Lokasi) jadi banyak tujuan untuk agenda prewedding. Ombak yang cenderung kecil, menjadikannya pilihan terbaik agar hasil foto maksimal. Vibe yang dimiliki seperti Bali, yakni Uluwatu, menarik kan?

Retribusi masuknya sangat murah yaitu Rp.3.000 saja, begitu pun biaya parkir motornya. Bila membawa mobil Anda membayar parkir sebesar Rp.5.000 saja. Fasilitas yang dimiliki cukup lengkap mulai dari kamar mandi, musala, toilet, parkiran, hingga kedai makan yang berdiri di sekitarnya.

Disediakan pula baju adat yang dapat Anda sewa mulai dari Rp25.000 belum termasuk make up. Paket lain yang disediakan hingga Rp.250.000 untuk prewedding yang sudah lengkap baju dan rias bagi kedua pasangan (Lihat Video Youtube).

Foto prewedding di Pantai Ngobaran. Sumber : wili_photography

Pantai Timang

Jangan coba-coba ke sini bila Anda bukan individu yang senang dengan tantangan adrenalin. Pantai Timang (Lihat Lokasi) memiliki ciri khas unik yaitu alat penyebrang yang menghubungkan tepi pantai dengan sebuah karang besar yang seperti pulau. Untuk mencapai karang tersebut, kita akan menggunakan jembatan gantung atau gondola yang berada di atas ombak yang saling menabrak.

Namun, bila Anda tetap ingin berfoto di Pantai Timang tanpa menaiki jembatan, bagian pinggir adalah spot aman. Buka setiap hari mulai Sabtu-Kamis dari pukul 08.00-17.00 WIB yang berbiaya masuk sebesar Rp.10.000, hindari akhir pekan jika tak ingin kanan kiri foto Anda bocor dengan munculnya wajah orang lain.

Sayang jika tak menaiki jembatan gantung, maka cobalah dengan biaya Rp.150.000/orang dan rasakan terbawa angin laut di atas gondola (Lihat Video Youtube). Berani menaikinya?

Foto di Pantai Timang. Sumber : dianjuarsa.com

Gondola di Pantai Timang. Sumber : viva.co.id

Goa Jomblang

Anda memiliki kecintaan pada foto dengan bentuk siluet dan wisata ekstrem? Di dalam goa, cinta Anda terwujud. Dalam Goa Jomblang (Lihat Lokasi) ini, ramai wisatawan hingga mancanegara menelusuri goa yang memliki bentuk unik yakni seperti jurang dari atas. Menjelang sore, cahaya yang datang akan sangat cantik, momen emas penuh adrenalin selama proses menuruni goa dengan alat caving secara vertikal (Lihat Video Youtube).  

Sebenarnya, di dalam sudah terdapat tim dokumentasi yang sudah Anda beli dalam paket. Biaya paketnya sendiri sebesar Rp.500.000/orang, sudah dapat makan minum, tour guide, hingga dokumentasi. Anda perlu membawa crew lain yang ingin Anda ajak menjelajah dan merekam momen berdua yang penuh petualangan selama sehari.

Proses turun ke goa. Sumber : thetravelinsider.co

Penampakan foto diambil dari dalam goa. Sumber : dejogjaadventure.com

Hutan Pinus Mangunan

Menawarkan spot foto berupa hutan pinus, Anda akan dibawa lebih dekat dengan alam. Di Hutan Pinus Mangunan (Lihat Lokasi). Ideal untuk Anda yang suka ketenangan dan sejuknya udara di tengah rimbunnya pohon. Setiap sudutnya punya landskap yang menarik untuk ditangkap.

Buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB, Anda dapat mengunjunginya kapan pun tanpa takut wisata ini tutup. Biaya masuknya hanya Rp.5.000-10.000/orang. Bila Anda ingin melakukan prewedding maka biaya lain yang perlu dibayar sebesar Rp.50.000 saja. Tempat ini juga menawarkan fasilitas yang lengkap mulai dari musala, toilet, hingga area makanan dari warga lokal yang dapat diakses selepas sesi foto. Segera rencanakan perjalanan Anda!

Prewedding di Hutan Pinus Mangunan. Sumber : gawegambar.photography

Waduk Sermo

Tema yang santai sembari berkemah bersama pasangan cocok dilakukan di Waduk Sermo (Lihat Lokasi). Di waduk ini, Anda dapat leluasa untuk berfoto baik dengan perlengkapan yang dibawa sendiri atau menyewa pada pihak pengelola.

Wisata ini dibuka 24 jam, sehingga bila Anda ingin menikmati waktu lebih lama dari durasi foto prewedding tentu dipersilakan. Biaya yang perlu Anda siapkan untuk berkemah dan foto di ini adalah tiket masuk Rp.6.000, tiket kemah Rp.20.000, dan parkir mulai dari Rp.2.000. Tentu biaya tersebut belum termasuk tenda dan properti yang ingin Anda bawa. Bila menyewa, biayanya sebesar Rp.50.000. Anda juga dapat membawa tambahan properti seperti mobil, tikar, dan lainnya.

Waduk Sermo juga memiliki perahu air yang bisa disewa dan dijadikan media untuk berpose cantik dengan latar belakang air yang tenang. Bagaimana? Tertarik mencoba? (Lihat Video Youtube).

Prewedding di Waduk Sermo. Sumber : Insragram/sandi.liem

Gunung Ireng

Merupakan gunung purba yang ada di Gunungkidul, Gunung Ireng (Lihat Lokasi) cocok dijadikan tempat prewedding bagi Anda yang senang mendaki dengan skala ringan. Momen dan spot andalan di sini adalah saat sunrise. Buka selama 24 jam setiap hari, Anda bebas menentukan tanggal kedatangan. Tetapi, Bakpiaku tidak menyarankan datang di akhir pekan.

Biaya masuk terjangkau, hanya Rp.3.000 dan parkir mulai dari Rp.2.000-5.000 saja. Pemandangan yang segar dari ketinggian, tak akan menimbulkan rasa menyesal sesampai di atas. Selain pemandangannya, di sini juga dibangun beberapa tempat duduk terbuat dari kayu di tengah pepohohan yang cantik seperti di Negeri Dongeng.

Meski di atas gunung purba, fasilitas yang disediakan cukup lengkap seperti kamar mandi, musala, toilet, dan kedai lokal. Tertarik mengabadikan momen di sini? (Lihat Video Youtube).

Prewedding di Gunung Ireng. Sumber : alvinphotography.co.id

Tebing Breksi

Anda dapat melihat pemandangan Yogyakarta dari atas tebing ini. Dulunya, tebing ini adalah bekas tambang yang dipahat membentuk relief. Kini, Tebing Breksi (Lihat Lokasi) menjadi tujuan wisata baik berkunjung, prewedding, hingga menginap.

Biaya masuk untuk dewasa domestik hanya sebesar Rp.10.000 dan bila Anda ingin menginap terdapat paket tenda mulai dari Rp.250.000. Tersedia juga paket wisata jeep yang lengkap hingga paket makan, selengkapnya di sini.

Buka setiap hari mulai jam 06.00-21.00 WIB khusus wisata regular dan 24 jam untuk yang berkemah. Tiketnya seharga Rp.5.000 dan biaya parkir mulai Rp.3.000-5.000. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap dan terawat, lanjutkan sesi foto dengan menikmati malam di Tebing Breksi (Lihat Video Youtube).

Foto prewedding di Tebing Breksi. Sumber : Tebing Breksi Foto

Share to: