Segarnya Aneka Olahan Es Murni 83 Tukangan

Bakpiaku.com – Membedah aneka kuliner Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Tak terkecuali minuman segar yang dijajakan di kota ini. Salah satu yang terkenal dan menyandang predikat legendaris adalah Es Murni 83 Tukangan. 

Olahan minuman es racikan Rumah Makan Murni 83 ini merupakan salah satu rekomendasi minuman segar di Yogyakarta yang terkenal kelezatannya sejak tahun 1955.

Terbuat dari bahan alami pilihan, Rumah Makan Murni 83 menjajakan aneka menu es segar pemuas dahaga, seperti es teler, es roti susu, es buah, es campur, es klamud susu, es burjo, es dawet, es tape hingga minuman ringan yang jamak ditemukan namun tidak kalah menyegarkan seperti es teh, es jeruk dan es milo.

Salah satu yang menjadi menu terlaris Rumah Makan Murni 83 adalah es teler. Perpaduan kopyor kelapa, alpukat segar, nangka, tape ketan, agar-agar bersama es serut, siraman sirop dan susu ini mudah membuat kamu ketagihan.

Komposisinya yang pas dan seimbang merupakan senjata ampuh menghilangkan haus di kala siang.

Ada pula es roti susu. Berisikan potongan roti tawar, susu, santan, gula cair dan es batu, minuman segar ini siap bikin mood kamu melesat baik kembali.

Bagi penggemar es buah, tidak ada salahnya mencicipi es buah Murni 83 yang terdiri dari aneka buah segar macam blewah, strawberry, cincau hitam, nata de coco, es serut dan siraman sirup.

Selain olahan es, rumah makan yang sarat nuansa 80-an ini juga menjajakan menu makanan lezat macam bistik, gado-gado, nasi pecel, bakmoy, bubur ayam, nasi garang asem ayam, tempura, pempek, bakso kuah, nasi goreng ayam, nasi goreng sapi hingga nasi goreng spesial. 

Mayoritas menu makanan rumahan tersebut diolah secara mandiri, pun bahan-bahannya secara konsisten menggunakan bahan alami pilihan.

Sejarah Rumah Makan Murni 83 Tukangan

Asal usul nama Rumah Makan Murni 83 tidak lepas dari nomor bangunan tempat restoran sederhana ini berdiri yaitu nomor 83.

Kendati hari ini, RT setempat telah mengganti nomor rumah ini menjadi Jalan Tukangan nomor 45, pemilik restoran tetap mempertahankan nomor 83 sebagai brand yang sudah melekat di restoran ini sejak tahun 1955.

Harga dan lokasi Rumah Makan Murni 83 Tukangan 

Untuk sekelas gerai makanan legendaris, harga makanan dan minuman yang dibanderol di Rumah Makan Murni 83 terbilang sangat terjangkau yaitu berkisar Rp 5 – 17 ribu.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin mencicipi langsung kelezatan deretan menu makanan dan minuman RM Murni 83 Tukangan, sambangi gerainya di Jl. Tukangan No.45, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. 

Rumah Makan Murni 83 Tukangan beroperasi dari pukul 09.00 – 20.30 WIB nyaris setiap hari. [AP]

Share to: